Sebelumnya telah banyak kita bahas mengenai pengembangan model elearning, karateristik dan teknologi elearning, dan infrasuktur serta sistemnya...
namun apa sih keuntungan dan kerugian dari pembelajaran e_learning ini..
mari kita bahas ...
Manfaat penggunaan internet, khususnya dalam pendidikan
terbuka dan jarak jauh (Elangoan, 1999; Soekartawi, 2002; Mulvihil, 1997; Utarini,
1997), antara lain :
terbuka dan jarak jauh (Elangoan, 1999; Soekartawi, 2002; Mulvihil, 1997; Utarini,
1997), antara lain :
1. Tersedianya fasilitas e-moderating di mana guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu.
2. Guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadual melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.
3. Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.
4. Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet secara lebih mudah.
5. Baik guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
6. Berubahnya peran siswa dari yang biasanya pasif menjadi aktif.
7.Relatif lebih efisien. Misalnya bagi mereka yang tinggal jauh dari perguruan tinggi
atau sekolah konvensional.
atau sekolah konvensional.
Namun dilihat dari sisi lain penggunaan internet juga memiliki kekurangan , dilihat dari berbagai kritik (Bullen, 2001, Beam,1997), antara lain:
1. Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar dan mengajar.
2.Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
3.Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
4.Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
5.Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
6.Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet.
7.Kurangnya tenaga yang mengetahui dan memiliki ketrampilan internet.
8.Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
demikian untuk pembahasan kali ini....budayakan coment...
see u next time...
0 komentar: